MENGUNGKAP PEMAHAMAN TENTANG AKUNTANSI DARI KECERDASAN EMOSIONAL, SPIRITUAL DAN SOSIAL MAHASISWA

Annisa Sekar Mulia

Abstract


Abstract: Revealing the Understanding of Accounting from Students’ Emotional, Spiritual and Social Intelligence.  Accounting education at the moment emphasizes the increase of intellectual capability of students. This way, accounting understanding is often measured only by intellectual/rational intelligence. This study analyses the understanding of accounting based on other intelligence. Phenomenology was used to probe into the understanding of accounting from emotional, spiritual/religious and social intelligence. Findings indicate that students understood accounting because of their characters, their lecturers’ character as well as system that are rooted in accounting education. An effort is needed to change accounting education to achieve a balanced by integrating all perspectives as a whole.

 

Abstrak: Mengungkap Pemahaman tentang Akuntansi dari Kecerdasan Emosional, Spiritual dan Sosial Mahasiswa. Pendidikan akuntansi selama ini menekankan pada peningkatan kemampuan dan kecerdasan intelektual (akal). Oleh karena itu, pemahaman akuntansi seringkali diukur berdasarkan kecerdasan intelektual. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemahaman mahasiswa atas akuntansi berdasarkan kecerdasan lainnya. Fenomenologi digunakan sebagai alat analisis pemahaman akuntansi dan kesadaran emosional, spiritual/religius dan sosial mahasiswa. Temuan mengindikasikan bahwa mahasiswa memahami akuntansi dari berbagai kecerdasan yang diakibatkan oleh berbagai karakter (baik karakter pendidik maupun mahasiswa) serta sistem yang sudah mengakar pada pendidikan akuntansi. Dibutuhkan sebuah usaha agar dapat mengupayakan perubahan dalam pendidikan akuntansi agar dapat mencapai keseimbangan dengan mengintegrasikan berbagai sudut pandang sebagai sebuah keutuhan.


Keywords


pemahaman; kecerdasan emosional; kecerdasan spiritual; kecerdasan sosial; pendidikan akuntansi; fenomenologi

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.18202/jamal.2012.12.7173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.