APAKAH PROFITABILITAS DAPAT MEMEDIASI MODAL INTELEKTUAL DAN NILAI PERUSAHAAN?

Maya Rismayanti, Ai Daryanti, Achmad Fadjar

Abstract


Abstrak - Apakah Profitabilitas Dapat Memediasi Modal Intelektual dan Nilai Perusahaan?

Tujuan Utama - Penelitian ini betujuan untuk menguji peran profitabilitas dalam memediasi antara modal intelektual dan nilai perusahaan.

Metode – Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi OLS. Sample penelitian adalah perusahaan sektor tambang batu bara yang terdaftar di BEI periode 2018-2022.

Temuan Utama - Profitabilitas terbukti berperan sebagai variabel mediasi antara modal intelektual dan nilai perusahaan. Modal intelektual, yang melibatkan teknologi, keahlian, dan pengetahuan, memegang peran penting dalam meningkatkan efisiensi operasional pada sektor pertambangan. Selain itu, efisiensi operasional mengakibatkan peningkatan profitabilitas sehingga berimplikasi pada nilai perusahaan.

Implikasi Teori dan Kebijakan – Implementasi teori RBV dalam penelitian ini menekankan pentingnya memiliki sumber daya yang berharga, langka, tidak dapat ditiru, dan tidak dapat diganti pada perusahaan. Hal ini dapat menciptakan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan melalui investasi pada teknologi, pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan keahlian karyawan.

Kebaruan Penelitian – Penelitian ini memiliki kebaruan berupa penggunaan variabel mediasi profitabilitas pada perusahaan tambang subsektor batu bara.

 

Abstract - Can Profitability Mediate Intellectual Capital and Firm Value?

Main Purpose - This study aims to examine the role of profitability in mediating between intellectual capital and firm value.

Method - This study uses the OLS regression method. The sample is coal mining sector companies listed on the IDX for 2018-2022.

Main Findings - Profitability is proven to act as a mediating variable between intellectual capital and firm value. Intellectual capital, which involves technology, expertise, and knowledge, is important in improving operational efficiency in the mining sector. In addition, operational efficiency results in an increase in profitability with implications for firm value.

Theory and Practical Implications - The implementation of RBV theory in this study emphasises the importance of having valuable, rare, inimitable and irreplaceable resources in the firm. This implementation can create a sustainable competitive advantage through investment in technology, education and training to improve employee expertise.

Novelty - This study is novel in its use of the mediating variable of profitability in coal subsector mining companies.


Keywords


modal intelektual; nilai perusahaan; profitabilitas; teori pandangan berbasis sumber daya



DOI: http://dx.doi.org/10.21776/ub.jamal.2023.14.3.40

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Maya Rismayanti, Ai Daryanti, Achmad Fadjar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.