RELEVANSI NILAI MODAL INTELEKTUAL TERHADAP NILAI PASAR PERUSAHAAN DI BURSA EFEK INDONESIA
Abstract
Abstrak: Relevansi Nilai Modal Intelektual Terhadap Nilai Pasar Perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah menguji hubungan langsung dan moderasi antara Modal Intelektual dan komponen-komponennya dengan nilai pasar Penelitian ini menganalisis data sekunder yang tersedia di BEI tahun 2008-2012, menggunakan teknik analisis regresi multipel dan moderasi Empat faktor kontrol digunakan yakni Leverage (DEBT), Size, Pengeluaran R&D dan Advertising Hasil penelitian menunjukkan bahwa adalah modal Intelektual dan komponen-komponennya memiliki nilai relevan dengan nilai pasar Kehadiran pengeluaran R&D meningkatkan nilai pasar Interaksi human capital dengan structural capital memberikan nilai relevan hubungannya dengan market value, namun secara negatif
Abstract. Value Relevance of Intellectual Capital on the Market Value Companies. The purpose of this study was to test the direct and moderation relationship between intellectual capital and components with market value. This study analyzed secondary data available at the Indonesia Stock Exchange in 2008-2012, using multiple linier regression analysis techniques and moderation. Four factors are used to reduce bias control models of the Leverage (DEBT), Size, R&D expenditure, and Advertising expenditure. The result is intellectual capital and its components have the relevant value with market value. The presence of R&D expenditure increase its market value. Interaction human capital and structural capital provides relevant value to market value, but negatively.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.18202/jamal.2015.08.6016
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Akbar Yusuf, Gasim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.