MODEL PEMBELAJARAN PASAR MODAL BERBASIS SIMULASI PERDAGANGAN DARING MELALUI PERDAGANGAN MAYA BEI

Suhendro Suhendro, Yuli Chomsatu

Abstract


Abstrak: Model Pembelajaran Pasar Modal Berbasis Simulasi Perdagangan Daring melalui Perdagangan Maya BEI. Tujuan penelitian ini menguji secara empiris model pembelajaran simulasi pasar modal berbasis perdagangan daring yang menggunakan program perdagangan maya Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian dirancang sebagai bagian riset dan pengembangan untuk perbaikan pembelajaran. Pengujian model dilakukan dalam pembelajaran pasar modal di beberapa PTS wilayah Surakarta dengan partisipan 96 orang, yang layak dijadikan sampel untuk dilakukan uji dengan Technology Acceptance Model (TAM) dan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswa merasakan kemudahan dan manfaat yang besar dalam menggunakan perdagangan maya BEI (>50%) sehingga pembelajaran pasar modal lebih menarik.

Abstract: Capital Market Learning Model Based on Online Trading Simulation by IDX Virtual Trading. The purpose of research was to test the electronic/online trading simulation model in the capital market learning. The model arranged by IDX Virtual Trading program of Bursa Efek Indonesia (BEI). This study was designed as a research and development of learning improvement. Test of model was done in some private universities (PTS) of Surakarta with 96 participants, tested by the Technology Acceptance Model (TAM) by using statistic descriptive analysis. The result indicated that students felt great usability (PU> 50 %) in the IDX Virtual Trading, although relatively difficult to operate, it (PEU < 50 %) but the capital market learning of Online Trading simulation by the IDX Virtual Trading becomes more interesting.


Keywords


pembelajaran simulasi; perdagangan elektronik; tam

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.18202/jamal.2014.08.5022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 Suhendro, Yuli Chomsatu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.