REHUMANISASI PENDIDIKAN AKUNTANSI MELALUI PENDEKATAN EPISTEMOLOGI 3LING

Kurnia Ekasari

Abstract


Abstrak. Rehumanisasi Pendidikan Akuntansi melalui Pendekatan Epistemologi 3ling. Tujuan penelitian ini adalah merehumanisasi pendidikan akuntansi dengan menggunakan epistemologi 3ling. Metode riset yang digunakan dalam penelitian ini adalah ngerti, ngrasa dan ngelakoni (3ling). Hasil riset menunjukkan bahwa dehumanisasi pendidikan akuntansi merupakan realitas yang harus diterima. Humanisasi dalam pendidikan akuntansi dapat dilakukan dengan memasukkan etika, moral dan spiritualitas baik dalam akuntansi maupun dalam pendidikan akuntansi. Humanisasi juga dapat dilakukan dengan memasukkan unsur ngrasa dalam pendidikan akuntansi dan dapat digunakan sebagai jembatan menuju kesejahteraan manusia. Implementasi epistemologi 3ling dalam pendidikan akuntansi dapat merubah persepsi mahasiswa tentang akuntansi.

Abstract. Rehumanizing Accounting Education through 3ling Epistemological Approach. The purpose of this research is to rehumanize accounting education by employing 3ling epistemology. The method used in this research consisted of 3 steps: ngerti, ngrasa, and ngelakoni. This research concluded that dehumanization in accounting education has become accepted reality. Humanization in accounting education could be implemented by integrating ethics, moral and spirituality both in accounting and accounting education and it could be done by inserting ngrasa in learning process. Humanizing accounting education will lead to human welfare. The implementation of 3ling epistemology could change the student’s perception about accounting.


Keywords


pendidikan akuntansi; humanis; epistemologi 3ling; kesejahteraan

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.18202/jamal.2014.08.5016

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.