QUO VADIS PANCASILA DALAM PENDIDIKAN AKUNTANSI?

Yuyung Rizka Aneswari, Lucy Sri Musmini

Abstract


Abstrak: Quo Vadis Pancasila dalam Pendidikan Akuntansi? Penelitian ini bertujuan memberikan wacana yang membangkitkan nilai Pancasila dalam proses pendidikan akuntansi. Penelitian menggunakan telaah deskripsi kritis. Hasil pembahasan menunjukkan nilai Pancasila mulai ditinggalkan dalam pendidikan akuntansi. Buku ajar dari barat yang tidak mengandung nilai ideologi Indonesia banyak diajarkan di berbagai perguruan tinggi. Aturan akuntansi, sepenuhnya berkiblat pada pedoman luar negeri tanpa pertimbangan nilai ideologi. Penelitian ini dapat dijadikan wacana dan pertimbangan bagi para dosen akuntansi dan para perumus kurikulum berbasis KKNI untuk memasukkan nilai Pancasila di dalam berbagai mata kuliah Akuntansi.

 

Abstract: Quo Vadis Pancasila in an Accounting Education in Indonesia? This research aims to give a discourse that generate values of Pancasila in the process of accounting education. This research using critical description. The results show the values of Pancasila becoming obsolete in accounting education. Textbook from western that contains no values of Indonesia ideology are taught at various universities. Accounting rules, entirely oriented to foreign guidelines without consideration of the value of ideology. This research can be used as a discourse and consideration for accounting lectures and curriculum formulator based KKNI to insert the Pancasila values in various course in Accounting.


Keywords


pancasila; pendidikan akuntansi; kurikulum

Full Text:

PDF

References


Aneswari, Y.R., Darmayasa, I.N., & Yusdita, E.E. (2015). Perspektif Kritis Penerapan Pajak Penghasilan 1% pada UMKM. In Simposium Nasional Perpajakan 5 Fakultas Ekonomi - Universitas Trunojoyo Madura, 12 November 2015. Madura: Universitas Trunojoyo, 12 Nopember 2015.

Atmadja, N.B. (2013). (Re)Pancasila melalui Inkulkasi sebagai Strategi Pembangunan Karakter Bangsa. In Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan oleh MPR RI kerjasama Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja.

Cahyanto, S.S., & Parikesit, B. (2011). Business Ethics Pancasila The New Rules for Business World with the Spirit of Gotong Royong. In ASEAN and East Asia Summits. Bandung.

Cahyonowati, N., & Ratmono, D. (2012). Adopsi IFRS dan Relevansi Nilai Informasi Akuntansi. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 14(2), 105–115.

Chua, W.F. (1986). Radical Development in Accounting Thought. The Accounting Review, 61(4), 601–632.

Darmayasa, I.N., & Aneswari, Y.R. (2015). Penelitian Akuntansi Interpretif di Indonesia. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 6(3), 350–361. http://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.18202/385

Ekasari, K. (2014). Rehumanisasi Pendidikan Akuntansi Melalui Pendekatan Epistemologi 3ling. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 5(2), 273–286.

Hasyir, D.A. (2006). Dampak Era Globalisasi terhadap Perubahan Peran Akuntan dan Kurikulum Pendidikan Akuntansi. In Seminar dan Lokakarya Pengembangan Kurikulum Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi STIE Indonesia Membangun. Bandung.

Kamayanti, A. (2012). Cinta: Tindakan Berkesadaran Akuntan (Pendekatan Dialogis dalam Pendidikan Akuntansi. In Simposium Nasional Akuntansi XV. Banjarmasin.

Kamayanti, A. (2014). Integrasi Pancasila dalam Pendidikan Akuntansi melalui Pendekatan Dialogis. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 2(September), 147–159.

Latif, Y. (2015). Negara Paripurna Historisitas, Rasionalitas, dan Aktualitas Pancasila. (I. S. Ibrahim, Ed.). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ludigdo, U. (2012). Pidato Pengukuhan Guru Besar: Memaknai Etika Profesi Akuntan Indonesia dengan Pancasila. Malang.

Ludigdo, U. (2013). Nilai-nilai Luhur Pancasila dalam Mencegah Terjadinya Kecurangan. In Seminar Nasional 4 Pilar Kebangsaan dalam Mencegah Terjadinya Fraud di Lingkungan Pemerintahan Indonesia di Jurusan Akuntansi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta 31 Oktober 2013.

Ludigdo, U., & Kamayanti, A. (2012). Pancasila as Accountant Ethics Imperialism Liberator. World Journal of Social Sciences, 2(6), 159–168.

Marktanner, M., & Wilson, M. (2015). Pancasila : Roadblock or Pathway to Economic Development ?

Maryani, T., & Ludigdo, U. (2001). Survei atas Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Sikap dan Perilaku Etis Akuntan. TEMA, 2(1), 49-62.

Mulawarman, A.D. (2012). Menggugat Pendidikan Akuntansi Indonesia: Pro Neoliberal atau Pancasila. In Konferensi Nasional Pendidikan Akuntansi Indonesia. Malang.

Mulawarman, A.D. (2014). On Holistic Wisdom Core Datum Accounting : Shifting From Accounting Income To Value Added. The International Journal of Accounting and Business Society, 22(1), 69–92.

Mustofa, & Fata, A.K. (2015). Zakat and Tax: From The Synergy To Optimization. Al-Ulum, 15(1), 43–56.

Naim, N. (2015). Islam dan Pancasila Rekonstruksi Pemikiran Nurcholish Madjid. Episteme, 10(2), 435–456.

Nugroho, T. (2016). Polemik Ekonomi Pancasila Pemikiran dan Catatan 1965-1985. Yogyakarta: Mubyarto Institute.

Nugroho, T. (Producer), & Nugraha, D. (Director). (2016). Menuju Ekonomi Pancasila [Motion picture]. Indonesia: Mubyarto Institute.

Setiawan, A.R., & Kamayanti, A. (2012). Mendobrak Reproduksi Dominasi Maskulinitas dalam Pendidikan Akuntansi : Internalisasi Pancasila dalam Pembelajaran Accounting Fraud. In Konferensi Nasional Pendidikan Akuntansi Indonesia. Malang.

Sirajudin. (2013). Interpretasi Pancasila dan Islam untuk Etika Profesi Akuntan Indonesia, Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 4(3), 456-466.

Sitorus, J.H.E. (2016). Pancasila-based Social Responsibility Accounting. Procedia Social and Behavioral Sciences, 219, 700–709.

Sudaryanti, D., Sukoharsono, E. G., Baridwan, Z., & Mulawarman, A. D. (2015). Critical Analysis on Accounting Information Based On Pancasila Value. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 172, 533–539. http://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.399

Sukadi. (2013). Pengembangan dan Pelaksanaan Strategi Pemasyarakatan Nilai-Nilai Pancasila dan Pilar-Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. In Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan oleh MPR RI kerjasama Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja.

Tanya, B.L., Parera, T.Y., & Lena, S.F. (2015). Pancasila Bingkai Hukum Indonesia. Yogyakarta: Genta Publishing.

Tolkah. (2012). Pembayaran Zakat Pada Badan Amil Zakat dan Lembaga Amil Zakat Kaitannya dengan Pajak Penghasilan. Majalah Ilmiah Widya, 22–27.

Triyuwono, I. (2011). ”Sususaya” Melampaui Paradigma-Paradigma Metodologi Penelitian. In Pelatihan Penelitian Kualitatif Two Days Workshop Center of Training for Research and Publication (CRP) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya 2-3 Oktober 2015. Malang.

Wardana, I. (2013). Strategi Pemasyarakatan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Membangun Karakter Bangsa. In Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan oleh MPR RI kerjasama Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja.




DOI: http://dx.doi.org/10.18202/jamal.2017.04.7045

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Yuyung Rizka Aneswari, Lucy Sri Musmini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.