QUO VADIS PANCASILA DALAM PENDIDIKAN AKUNTANSI?

Yuyung Rizka Aneswari, Lucy Sri Musmini

Abstract


Abstrak: Quo Vadis Pancasila dalam Pendidikan Akuntansi? Penelitian ini bertujuan memberikan wacana yang membangkitkan nilai Pancasila dalam proses pendidikan akuntansi. Penelitian menggunakan telaah deskripsi kritis. Hasil pembahasan menunjukkan nilai Pancasila mulai ditinggalkan dalam pendidikan akuntansi. Buku ajar dari barat yang tidak mengandung nilai ideologi Indonesia banyak diajarkan di berbagai perguruan tinggi. Aturan akuntansi, sepenuhnya berkiblat pada pedoman luar negeri tanpa pertimbangan nilai ideologi. Penelitian ini dapat dijadikan wacana dan pertimbangan bagi para dosen akuntansi dan para perumus kurikulum berbasis KKNI untuk memasukkan nilai Pancasila di dalam berbagai mata kuliah Akuntansi.

 

Abstract: Quo Vadis Pancasila in an Accounting Education in Indonesia? This research aims to give a discourse that generate values of Pancasila in the process of accounting education. This research using critical description. The results show the values of Pancasila becoming obsolete in accounting education. Textbook from western that contains no values of Indonesia ideology are taught at various universities. Accounting rules, entirely oriented to foreign guidelines without consideration of the value of ideology. This research can be used as a discourse and consideration for accounting lectures and curriculum formulator based KKNI to insert the Pancasila values in various course in Accounting.


Keywords


pancasila; pendidikan akuntansi; kurikulum

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.