PEMBEBASAN MIND SET AKUNTAN PENDIDIK MELALUI PEMBELAJARAN FILSAFAT ILMU DAN SPIRITUAL

Jurana Jurana, Fibriyani Nur Khairin

Abstract


Abstrak: Pembebasan Mind Set Akuntan melalui Pembelajaran Filsafat Ilmu dan Spiritual. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami perubahan kesadaran dan pola pikir yang terjadi pada pandangan akuntan pasca menempuh mata kuliah FIS (Filsafat Ilmu dan Spiritual). Penelitian ini menggunakan paradigma interpretatif dengan pendekatan fenomenologi. Informan dalam penelitian ini adalah sepuluh akuntan pendidik yang sedang mengambil  program doktor ilmu akuntansi pada tiga universitas terkemuka di Indonesia dan telah menempuh mata kuliah FIS. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perubahan pola pikir di level intelektual, mental, dan spiritual setelah menempuh mata kuliah FIS.

 

Abstract: The Liberation of Accountant Educator’s Mind Set through Learning Philosophy of Science And Spirituality. The purpose of this study is to understand the changes of awareness and mindset that occurred in accountant’s viewpoints after taking FIS (Philosophy of Science and Spirituality) course. The study uses interpretive paradigm with phenomenological approach. There are ten accountant educators involved as informants in this study. They are taking accounting sciences doctoral program in three leading universities in Indonesia and already take FIS course. The results indicated change in accountant’s mindset at the level of intellectual, mental, and spiritual.


Keywords


akuntan pendidik; kesadaran; pola pikir; filsafat ilmu dan spiritual

Full Text:

PDF

References


Baker, C.R. (2011). A discussion of Poststructuralist and Postmodernist Positions in the Work of Norman Macintosh. Critical Perspectives on Accounting, 22(2), 110-117. https://doi.org/10.1016/j.cpa.2010.06.009

Crook, P. (1996). Social Darwinism: The Concept. History of European Ideas, 22(4), 261–274.

Djamhuri, A. (2011). Ilmu Pengetahuan Sosial dan Berbagai Paradigma Dalam Kajian Akuntansi. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 2(1), 147–185.

Freire, P., Illich, I., & Naomi, O. I. (2009). Menggungat Pendidikan (7th ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kamayanti, A. (2012). Developing Conscious Accounting Educators: A Theatrical Perspective. Universitas Brawijaya. Malang.

Manochin, M.M., & Cooper, S. (2015). Dialogic Education: Reflections from an Accounting Course. International Journal of Critical Accounting, 7(1), 49-72. https://doi.org/ 10.1504/IJCA.2015.069184

Moleong, L.J. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: ROSDA.

Mulawarman, A.D., & Ludigdo, U. (2010). Metamorfosis Kesadaran Etis Holistik Mahasiswa Akuntansi: Implementasi Pembelajaran Etika Bisnis dan Profesi Berbasis Integrasi IESQ. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 1(3), 421-436.

Mulia, A.S. (2012). Mengungkap Pemahaman Tentang Akuntansi dari Kecerdasaan Emosional, Spiritual, dan Sosial Mahasiswa. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 3(3), 441–456.

Mustofa, A. (2014). Segalanya Satu. Surabaya: PADMA Press.

Pelger, C., & Grottke, M. (2015). What about the Future of the Academy? Some Remarks on the Looming Colonisation of Doctoral Education. Critical Perspectives on Accounting, 26, 117-129. https://doi.org/10.1016/j.cpa.2014.09.007

Putri, A. (2015). Perlukah Ilmu Filsafat? Survey Mata Kuliah Filsafat Pada Program Studi Akuntansi di Indonesia. Jurnal Ilmiah STIE MDP, 5(1), 30-36.

Prasad, A. (2015). Liminal Transgressions, or Where Should the Critical Academy Go from Here? Reimagining the Future of Doctoral Education to Engender Research Sustainability. Critical Perspectives on Accounting, 26, 108-116. https://doi.org/10.1016/j.cpa.2014.09.006

Sentanu, E. (2014). The Power of Positive Feeling. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Sugahara, S., & Boland, G. (2013). The Agreement Process for Implementing the International Education Standards for Accounting among Japanese Accounting Academics: a Grounded Theory Approach. International Journal of Accounting and Finance, 4(2), 168-189. https://doi.org/10.1504/IJAF.2013.057531

Tafsir, A. (2016). Filsafat Umum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Triyuwono, I. (2010). “Mata Ketiga: Sé Laén, Sang Pembebas Sistem Pendidikan Tinggi Akuntansi.” Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 1(1), 1–18.

Triyuwono, I. (2011). Mengangkat “Sing Liyan” untuk Formulasi Nilai Tambah Syariah. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 2(2), 186–200.

Triyuwono, I. (2012). Perspektif, Metodologi, dan Teori Akuntansi Syariah (2nd Ed.). Jakarta: Rajawali Press.

Triyuwono, I., Djamhuri, A., Mulawarman, A.D., & Prawironegoro, D. (2016). Filsafat Ilmu Akuntansi: Berpikir Kontemplatif, Holistik, Intuitif, Imajinatif, Kreatif, Rasional dan Radikal dalam Akuntansi. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Webb, M. O., Karabayeva, A.G., & Kuntuova, I. M. (2015). The Role of Philosophy in The Life of a Student of a Technical University. Social and Behavioral Sciences, 174, 3847–3852




DOI: http://dx.doi.org/10.18202/jamal.2017.04.7043

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurana, Fibriyani Nur Khairin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.