KARAKTERISTIK PERUSAHAAN, LUAS PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, DAN NILAI PERUSAHAAN
Abstract
Abstrak: Karakteristik Perusahaan, Luas Pengungkapan Corporate Social Responsibility, dan Nilai Perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh karakteristik perusahaan terhadap pengungkapan CSR dan nilai perusahan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode yang digunakan adalah regresi multipel. Penelitian ini menggunakan 129 sampel perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Hasil penelitian membuktikan bahwa karakteristik perusahaan yang terdiri dari ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial. Namun di sisi lain konsentrasi kepemilikan berpengaruh positif terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial, sedangkan pengungkapan tanggung jawab sosial berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan.
Abstract: The Characteristics of the Company, Disclosure of Corporate Social Responsibility, and Corporate Value. This study aims to examine the effect of corporate characteristics to CSR disclosure and company’s profile of manufacturing companies listed in BEI. Multiple regression was used as method for this research with 129 sample of manufacturing companies listed in BEI. The results prove that company’s characteristic which is company’s size has negative effect to CSR reporting. Apart from company’s size, ownership concentration has positive impact to CSR reporting, while CSR Repoting has positive effect to company’s value.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.18202/jamal.2015.04.6008
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Melinda Ibrahim, Eka Zahra Solikahan, Arif Widyatama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.