PENGARUH TRANSPARASI, AKUNTABILITAS DAN KINERJA PEMERINTAH DESA TERHADAP PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA (STUDI DI DESA TRIMULYO KABUPATEN SLEMAN)

Lita Yulita Fitriyani, Marita Marita, Widyastuti Windyastuti, Ridho Wahyu Nurahman

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan secara empiris dari pengaruh transparasi, akuntabilitas dan kinerja pemerintah desa terhadap pengelolaan  alokasi dana desa. Metode pengambilan sampel menggunakan non probability sampling yaitu menggunakan sampel jenuh. Sampel yang digunakan pada penelitian ini seluruh perangkat desa di desa Trimulyo.  Jenis data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan kuesioner yang disebar kepada 57 perangkat desa tetapi hanya 32  kuesioner yang kembali dan dapat diolah. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh transparasi, akuntabilitas dan kinerja pemerintah desa terhadap pengelolaan  alokasi dana desa studi di Desa Trimulyo Kabupaten sleman.


Keywords


transparasi, akuntabilitas dan kinerja pemerintah desa, pengelolaan alokasi dana desa

References


Aprisiami Putriyanti., 2012., Penerapan Otonomi Desa dalam Menguatkan Akuntabilitas Pemerintahan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat di Desa Aglik Kecematan Grabag Kabuoaten Purworejo.Skripsi Yogjakrta. UNY

Arifiyanto, Febri. 2014. Akuntabilitas Pengelolaan Alokasi Dana Desa Di Kecamatan Umbulsari Kecamatan Jember. Tahun 2012. Skripsi. Universitas Jember.

Deti Kumalasarai, Ikhsan Budi Riharjo. (2016). Transparasi dan Akuntanbilitas Pemerintag Desa Dalam Pengelolan Dana Desa. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi : Volume 5, Nomor 11, November 2016 ISSN : 2460-0585

Fitri, (2015). Kinerja pemerintah desa dalam pengelolaan alokasi dana desa pada desa vatunonju kecamatan biromaru kabupaten sigie-Jurnal Katalogis, Volume 3 Nomor 11, Nopember 2015 ISSN: 2302-2019.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23.

Issa Al Mansour. 2015. Corporate governance in global Islamic Financial Institutions (emirates Islamic bank is the case study). International Journal of education and Research Vol 3 No. 11, November 2015. ISSN. 2411-5681.

Krina, P. 2003. Indikator dan Alat Ukur Prinsip Akuntabilitas Transparansi dan Partisipasi. Jakarta: Sekretariat Good Public Governance, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional

Mardiasmo. 2002. Otonomi Daerah dan Manajemen Keuangan Daerah. Yogyakarta: Andi.

Rahman, Meuthia Ganie. 2000. “Good Governance, Prinsip, Komponen dan Penerapannya” dalam Hak Asasi Manusia (Penyelenggaraan Negara Yang Baik). Jakarta: Komnas HAM.

Richardus Eko Indrajit, 2014. Peranan Teknologi Informasi Pada Perguruan Tinggi Paradikma, Konsep dan startegi implementasi. Graha Ilmu cetakan Pertama.

Ruth Yuliyanti (2017) Pengaruh Akuntabilitas dan Trnsparasi Terhadap Pengelolaan Alokasi Dana Desa. Skripsi Universitas Pembangunan Nasional.

Yuniadi Mayowan, 2014 Penerapan Teknologi Informasi Komunikasi di Desa (Studi Kasus di Kabupaten Lamongan). E-Jurnal. Skripsi. Universitas Brawijaya. Malang 2017.

Zulifli Hasan. 2009. Corporate Governance: Western and Islamic Perspectives. International Review of Bussiness Research Papers Vol. 5 No. 1 January 2009 Pp. 277-293.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.