TANGGUNGJAWAB SOSIO-EKOLOGI DAN PERAN AKUNTANSI: ANALISIS DALAM BINGKAI ETIKA ARISTOTELIAN

Akhmad Riduwan, Andayani Andayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) memahami komitmen manajemen dalam memenuhi tanggung jawab perusahaan pada pemegang saham, tanggungjawab sosial, dan tanggungjawab ekologi; serta (2) memahami peran akuntansi dalam penyajian informasi triple bottom-line kepada para pemangku kepentingan, yang sekaligus mampu menstimulasi manajemen untuk memenuhi komitmen atas tanggungjawabnya.

Situs penelitian adalah PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) Surabaya, dengan informan sebanyak lima orang pimpinan kunci. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur, dokumentasi, dan observasi. Pendekatan interpretif diterapkan dalam analisis data, dengan refleksi pada teori etika keutamaan (virtue ethics) Aristoteles.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perusahaan memiliki komitmen untuk melaksanakan tanggungjawab sosio-ekologi di samping tanggungjawab ekonomi kepada pemegang saham, dan mengimplementasikan strategi triple bottom-line untuk mencapai keberlanjutan bisnis; (2) Perusahaan melaporkan tanggungjawab triple bottom-line dalam dua laporan yang terpisah. Tanggungjawab ekonomik kepada pemegang saham dilaporkan dalam laporan keuangan, sedangkan tanggungjawab sosio-ekologi dilaporkan dalam laporan tanggungjawab sosial; (3) Perusahaan melaksanakan, memenuhi, dan mempertanggungjawabkan triple bottom-line kepada para pemangku kepentingan berdasarkan kesadaran (consciousness) yang melahirkan niat tulus untuk mencapai tujuan yang mulia berdasarkan dorongan jiwa dan akal-budi, bukan sekadar memenuhi aturan atau kewajiban normatif. Dari perspektif etika keutamaan Aristoteles, manajemen perusahaan memiliki sifat-sifat keutamaan, yaitu baik, mulia, bermutu, dan bernilai.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.